@ OKTOBER 2015

Published 1 Oktober 2015 by sajulisa

            

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Satu menit …
Kamis, 01 Oktober 2015

10 Maka berkatalah Yesus kepadanya: “Enyahlah, Iblis! Sebab ada tertulis: Engkau harus menyembah Tuhan, Allahmu, dan hanya kepada Dia sajalah engkau berbakti!”
(Matius 4:10)

Karena Tuhan adalah Pencipta segala sesuatu, maka hanya Dia sajalah yang patut atau layak dipuji dan disembah. Penyembahan adalah ungkapan kasih, penghormatan dan ketaatan yang patut diberikan kepada Tuhan, kita tidak boleh menyembah manusia, malaikat, makhluk ataupun benda-benda lain.
Satu menit …
Jumat, 02 Oktober 2015

24 “Setiap orang yang mendengar perkataan-Ku ini dan melakukannya, ia sama dengan orang yang bijaksana, yang mendirikan rumahnya di atas batu.
25 Kemudian turunlah hujan dan datanglah banjir, lalu angin melanda rumah itu, tetapi rumah itu tidak rubuh sebab didirikan di atas batu.
(Matius 7:24,25)

Tuhan Yesus menunjuk kepada suatu fakta yang nyata, yakni kekuatan sebuah fondasi menentukan kemampuan berdiri tegaknya rumah untuk dapat bertahan dari deras dan kuatnya angin yang menerjang. Jika seseorang membangun rumahnya di atas pasir, rumah itu akan runtuh; tetapi jika ia membangunnya di atas batu yang kokoh, rumah itu akan tetap berdiri teguh, walaupun diterjang oleh angin badai yang dahsyat.
Mengandalkan kecerdasan dan akal, pada akhirnya kita mendapati bahwa semuanya itu adalah landasan yang rapuh, Yesus adalah satu-satunya dasar kebenaran yang kokoh, yang selalu dapat kita andalkan, jika kita menerima dengan iman perkataan dan karya Yesus yang dilakukan semata demi kebaikan kita, maka kehidupan rohani kita akan berdiri di atas sebuah batu yang kokoh, yaitu Yesus Kristus.

Satu menit …
Sabtu, 03 Oktober 2015

27 Tetapi benarkah Allah hendak diam di atas bumi? Sesungguhnya langit, bahkan langit yang mengatasi segala langitpun tidak dapat memuat Engkau, terlebih lagi rumah yang kudirikan ini.
(1Raja-Raja 8:27)

Manusia diciptakan menurut gambar dan rupa Allah yang sempurna sebelum kejatuhannya ke dalam dosa, namun manusia adalah manusia yang fana dan terbatas. Allah adalah Allah yang Mahaada, namun manusia terbatas oleh fisiknya dalam keberadaan yang terbatas. Allah adalah Allah yang Mahakuasa tidak ada yang dapat mengatasi atau melampaui kuasa-Nya.
Allah telah berjanji untuk memberikan ganjaran kepada kita pada waktu yang telah ditetapkan-Nya, jika kita hidup dengan penuh kesetiaan kepada Kristus. Ketika Tuhan datang, Dia akan menerangi segalanya juga kepada yang tersembunyi dalam kegelapan, dan Dia akan memperlihatkan apa yang direncanakan-Nya, maka setiap kita akan menerima sukacita dan pujian dari Allah.

Satu menit …
Minggu, 04 Oktober 2015

“Firman-Mu itu pelita bagi kakiku dan terang bagi jalanku.”
(Mazmur 119:105)

Alkitab adalah penuntun berotoritas yang mutlak bagi setiap orang percaya; tanpa Alkitab, kita hanya akan menerka-nerka pikiran Allah, dengan Alkitab, semua petunjuk dan pimpinan Allah dalam setiap aspek kehidupan menjadi pasti dan jelas, otoritas Alkitab merupakan hal yang terpenting dalam kebutuhan pembelaan iman. Sebagai pengikut Kristus, kita harus selalu ingat untuk membangun pembelaan iman Kristen kita di atas fondasi yang kuat, yaitu Alkitab.
Sebagai pengikut Kristus, kita memiliki hak istimewa untuk menerangi tempat-tempat yang gelap. Sekalipun kita tidak berasal dari dunia ini, tetapi kita hidup di dalamnya, mutlak bergantung kepada-Nya membuat kita tidak jatuh terpuruk dan kalah oleh berbagai tekanan dunia, sebaliknya oleh kuasa-Nya kita dimampukan menggunakan diri kita untuk bersukacita melakukan pelayanan memberitakan firman-Nya.

Satu menit …
Senin, 05 Oktober 2015

“Tetapi barangsiapa bermegah, hendaklah ia bermegah di dalam Tuhan.”
(2Korintus 10:17)

Keberhasilan adalah prestasi yang menjunjung nilai-nilai kejujuran dan kebenaran, kemegahan tidak untuk memuaskan segala keinginan kehendak kita karena kemegahan mutlak bukanlah milik kita
Ketika kita hendak bermegah tentang sesuatu, haruslah berbangga bahwa kita mengenal dan mengerti Tuhan, ketika kita hendak bermegah, kita harus bermegah di dalam kuat kuasa Tuhan dan bagi kemuliaan Tuhan!

Satu menit …
Selasa, 06 Oktober 2015

Tetapi manusia duniawi tidak menerima apa yang berasal dari Roh Allah, karena hal itu baginya adalah suatu kebodohan; dan ia tidak dapat memahaminya, sebab hal itu hanya dapat dinilai secara rohani
(1 Korintus 2:14)

Kutuk dosa membuat karakter manusia tidak lagi merupakan gambar Allah yang sempurna; manusia tidak lagi hidup dan berpikir sebagaimana halnya dengan Adam dan Hawa sebelum jatuh dalam dosa. Dosa telah sangat mempengaruhi manusia, akibat yang ditimbulkannya adalah manusia dunia terbiasa mengabaikan keberadaan Roh Allah, bahkan menyangkali kebergantungannya secara mutlak kepada Allah.

Satu menit …
Rabu, 07 Oktober 2015

“Memang kamu telah mereka-rekakan yang jahat terhadap Aku, tetapi Allah telah mereka-rekanya untuk kebaikan, dengan maksud melakukan seperti yang terjadi sekarang ini, yakni memelihara hidup suatu bangsa yang besar.”
(Kejadian 50:20)

Pemeliharaan serta campur tangan Allah dalam perjalanan kehidupan kita dapat dikerjakan-Nya pada saat dan di situasi yang paling terburuk, dan tindakan paling jahat yang pernah dilakukan oleh manusia adalah pengkhianatan Yudas terhadap Yesus Kristus. Kematian-Nya di kayu salib bukan merupakan sebuah cerita sejarah yang terjadi secara kebetulan, kematian-Nya terjadi adalah berdasarkan apa yang telah dipersiapkan oleh kehendak Allah.

Satu menit …
Kamis, 08 Oktober 2015

Tetaplah berdoa.
(1Tesalonika 5:17)

Jika kita sudah semakin jarang berdoa, itu disebabkan kita lalai atau tidak pernah menjadikan doa menjadi bagian tertentu dari kebiasaan jadwal kerja harian kita. Penentuan atas waktu untuk berdoa bebas sesuka kita, asalkan kita dapat mengatur dan menatanya dengan setia. Doa sungguh sangat diperlukan untuk menjadi bagian dari irama hidup kita sehari-hari.

Satu menit …
Jumat, 09 Oktober 2015

7 sebab hidup kami ini adalah hidup karena percaya, bukan karena melihat
(2Korintus 5:7)

Kekecewaan jangan membuat kita kehilangan akal dan tidak mengakibatkan putus asa. Ketika merasakan doa kita tidak pernah terjawab, sebagai pengikut Kristus kita harus tahu bahwa tidak ada jawaban yang pasti atas setiap permohonan doa kita, banyak hal yang tersembunyi tidak akan pernah jelas selama kita hidup di dunia ini, hidup kita adalah hidup berdasarkan iman, bukan berdasarkan apa yang kelihatan.

Satu menit …
Sabtu, 10 Oktober 2015

17 Peringatkanlah kepada orang-orang kaya di dunia ini agar mereka jangan tinggi hati dan jangan berharap pada sesuatu yang tak tentu seperti kekayaan, melainkan pada Allah yang dalam kekayaan-Nya memberikan kepada kita segala sesuatu untuk dinikmati.
(1Timotius 6:17)

Dunia selalu mengajarkan; Agar manusia berfocus atas dirinya sendiri, semua kegiatan dilakukan demi keuntungan diri, tidak peduli terhadap kepentingan orang lain, menjadi serakah cinta akan gemerlap dunia. Melakukan apa sajademi untuk mendapatkannya, tidak peduli cara yang ditempuh adalah salah. Mengabaikan hukum merugikan orang lain, banyak anak Tuhan rela menjual imannya hanya demi memperoleh kekayaan dan popularitas yang fana.

Satu menit …
Mingu, 11 Oktober 2015

9 Bukankah telah Kuperintahkan kepadamu: kuatkan dan teguhkanlah hatimu? Janganlah kecut dan tawar hati, sebab TUHAN, Allahmu, menyertai engkau, ke manapun engkau pergi.”
(Yosua 1:9)

Hati adalah sumber keinginan dan pusat terbitnya sebuah keputusan. Mengikut Allah dan mengenal jalan-Nya adalah sebuah keputusan teguh untuk tetap setia mengabdi kepada-Nya, mencari dahulu kerajaan-Nya dan kebenaran-Nya. Sebagai orang percaya kita harus berusaha hidup benar, melakukan perbuatan benar tidak menyimpang dari jalan Tuhan, menjaga agar sepanjang hidup kita dapat memancarkan cahaya terang.

Satu menit …
Senin, 12 Oktober 2015

23 Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.
(Amsal 4:23)

Hati merupakan pusat control pengendali emosi, pikiran dan juga penentu segala keputusan dalam gerak kehidupan kita. Menguduskan Kristus sebagai Tuhan dalam hati kita berarti ke-Tuhanan-Nya juga akan sangat bermanfaat dalam semua yang kita nyatakan dalam tindakan, termasuk pembelaan iman percaya kita kepada Kristus. Penaklukkan diri terhadap kuasa mutlak Kristus merupakan hal yang sangat penting dalam melakukan pembelaan iman percaya kepada-Nya dengan benar dan tepat.

Satu menit …
Selasa, 13 Oktober 2015

Bagiku tidak ada sukacita yang lebih besar dari pada mendengar, bahwa anak-anakku hidup dalam kebenaran.
(3Yohanes 1:4)

Kebenaran harus menjadi kekuatan sekaligus menjadi realitas yang hidup di dalam keberadaan kita, yang terwujud di dalam hidup kita, dan pola pikir kita dengan membiarkan Roh Kudus berkuasa dan memerintah hingga dosa tidak lagi tinggal di hati kita. Hanya firman Allah yang dapat menjaga kita untuk senantiasa waspada tidak terkecoh para pengajar palsu yang menipu mengatasnamakan Firman Tuhan atau suara Tuhan.
Belajar Firman Tuhan harus dilakukan terus-menerus hingga kehidupan berakhir, kita tidak boleh pernah berpuas dan berbangga diri dengan pemahaman kita peroleh saat ini, kita harus menjadi hamba-Nya yang berkembang, berbuah dalam kebenaran.

Satu menit …
Rabu, 14 Oktober 2015

Demikian juga orang-orang muda; nasihatilah mereka supaya mereka menguasai diri dalam segala hal
(Titus 2:6)

Dalam segala hal penguasaan diri bagi setiap kita adalah hal yang sangat penting, kita tahu tidak mudah untuk menguasai diri tetapi setiap orang yang memiliki penguasaan diri pasti mampu mengendalikan dirinya, dapat menjauhkan diri dari segala jenis kejahatan, dapat mendisiplinkan diri sendiri. Penguasaan diri tidak datang karena kehebatan atau kemampuan kita, penguasaan diri kita peroleh melalui suatu proses penundukan diri kepada pimpinan Roh Kudus.

Satu menit …
Kamis, 15 Oktober 2015

karena di dalam Dialah telah diciptakan segala sesuatu, yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana, maupun kerajaan, baik pemerintah, maupun penguasa; segala sesuatu diciptakan oleh Dia dan untuk Dia.
(Kolose 1:16)

Firman Tuhan adalah jawaban atas setiap pertanyaan dan masalah kita, Alkitab dengan tegas mengatakan bahwa segala sesuatu yang ada di sorga dan yang ada di bumi, yang kelihatan dan yang tidak kelihatan, baik singgasana maupun kerajaan, baik pemerintah maupun penguasa, segala sesuatu diciptakan oleh Tuhan dan untuk Tuhan, Alkitab tidak mungkin dapat di ubah melalui cara dan berbagai kemampuan akal pikiran yang dimengerti oleh manusia.

Satu menit …
Jumat, 16 Oktober 2015

Arahkanlah matamu ke langit dan lihatlah: siapa yang menciptakan semua bintang itu dan menyuruh segenap tentara mereka keluar, sambil memanggil nama mereka sekaliannya? Satupun tiada yang tak hadir, oleh sebab Ia maha kuasa dan maha kuat.
(Yesaya 40:26)

Allah Pencipta telah menciptakan segala sesuatu, Dialah penguasa seluruh alam semesta besama seluruh isinya. Seluruh ciptaan ada di dalam kuasa-Nya dan diciptakan demi kemuliaan-Nya. Dialah penguasa segala kuasa, baik yang kelihatan maupun yang tidak kelihatan. Dia adalah sumber segala kuasa.

Satu menit …
Sabtu, 17 Oktober 2015

dan oleh Dialah Ia memperdamaikan segala sesuatu dengan diri-Nya, baik yang ada di bumi, maupun yang ada di sorga, sesudah Ia mengadakan pendamaian oleh darah salib Kristus.
(Kolose 1:20)

Dengan perantaraan Kristus, Allah memperdamaikan segala sesuatu dengan diri-Nya. Manusia berdosa tidak sanggup dan tidak dapat mendamaikan dirinya sendiri dengan Allah. Tidak seorangpun yang memperoleh kuasa dari diri sendiri atau dari orang lain, kecuali dari Allah. Oleh karena itu setiap kita harus mempertanggung jawabkan nilai kehidupan kita kepada-Nya.

Satu menit …
Minggu, 18 Oktober 2015

Tetapi jika Aku mengusir setan dengan kuasa Allah, maka sesungguhnya Kerajaan Allah sudah datang kepadamu.
(Lukas 11:20)

Kepatuhan kita kepada Allah dan perintah-Nya, akan membuat kita dimampukan-Nya melawan semua kuasa gelap, segala tipu daya penguasa di dunia cukup dengan menyebutkan nama Yesus Kristus. Allah senantiasa memelihara kita umat-Nya bersama Yesus Kristus penguasa tunggal yang berdaulat atas semua penguasa, dipastikan kita menjadi pemenang.

Satu menit …
Senin, 19 Oktober 2015

18 Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri.
(Matius 1:18)

Kita mengetahui bahwa Yesus adalah bersifat ilahi karena hidup-Nya. Yesus hidup dalam kehidupan yang sempurna, Dia dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan sama dengan kita, Ia telah dicobai, tetapi Dia tidak berbuat dosa. Barangsiapa menyangkal kelahiran Yesus dari seorang perawan, dia menyangkal kebenaran Firman Allah.

Satu menit …
Selasa, 20 Oktober 2015

TUHAN itu adil dalam segala jalan-Nya dan penuh kasih setia dalam segala perbuatan-Nya.
(Mazmur 145:17)

Allah adalah Raja yang berdaulat penuh kuasa. Kebesaran dan keagungan Allah dapat kita rasakan karena Dia memiliki belas kasihan. Dia peduli terhadap keadaan kita sebagai manusia yang rapuh gampang terjebak masuk kubangan dosa. Keadilan-Nya pasti membuat yang bersalah dihukum-Nya dan yang benar dibenarkan-Nya.

Satu menit …
Rabu, 21 Oktober 2015

“Segala tulisan yang diilhamkan Allah, memang bermanfaat untuk mengajar, untuk menyatakan kesalahan, untuk memperbaiki kelakuan dan untuk mendidik orang dalam kebenaran. Dengan demikian tiap-tiap manusia kepunyaan Allah diperlengkapi untuk setiap perbuatan baik.”
(2 Tim. 3:16, 17)

Dosa menempatkan manusia di bawah penghakiman dan membutakan kesadaran manusia terhadap penyataan Allah melalui semua ciptaan-Nya. Firman Allah berfungsi sebagai alat di mana melaluinya manusia mengerti akan dirinya sendiri, tahu akan dunia, dan tahu siapa Allah. Sebagai orang percaya kita tidak boleh menjalankan kehidupan agama hanya untuk mendapatkan kebanggaan dan kemuliaan diri, tetapi kita lakukan adalah demi untuk kemuliaan-Nya

Satu menit …
Kamis, 22 Oktober 2015

“Sebab pada-Mu ada sumber hayat, di dalam terang-Mu kami melihat terang.”
(Maz. 36:10)

Perbedaan antara Pencipta dan ciptaan memengaruhi pandangan iman Kristen akan kemampuan manusia untuk mengetahui dan mengerti dirinya sendiri, dunia di sekelilingnya, dan Allah. Sebagai manusia kita secara mutlak bergantung kepada Allah, demikian juga dalam hal pengetahuan. Pengetahuan Allah akan diri-Nya dan ciptaan adalah berdiri sendiri, setiap pengertian yang benar yang telah manusia dapatkan, baik secara sadar atau tidak sadar, semua itu di peroleh dari Allah.

Satu menit …
Jumat, 23 Oktober 2015

Ia telah melepaskan kita dari kuasa kegelapan dan memindahkan kita ke dalam Kerajaan Anak-Nya yang kekasih;
(Kolose 1:13)

Pertobatan adalah perubahan pikiran tentang dosa dan dalam hubungannya dengan Allah, dan terutama perubahan hidup. Pertobatan adalah berbalik dari dosa dalam takut akan Allah. Meskipun demikian, sekedar perubahan bukanlah berarti pertobatan yang sejati. Seseorang mungkin berubah karena berbagai alasan. Pertobatan yang sejati adalah merupakan pengalaman batin yang nampak dalam perubahan yang bisa dilihat dari cara hidup seseorang.

Salam damai sejahtera.

Satu menit …
Sabtu, 24 Oktober 2015

Berbahagialah orang yang lapar dan haus akan kebenaran, karena mereka akan dipuaskan.
(Matius 5:6)

Allah sudah membuat hati kita supaya dapat mengetahui kebenaran rohani, Dia membuat tangan dan mata kita untuk mengenal hal-hal yang bersifat jasmaniah. Ketika hujan, tangan kita akan merasakan hujan dan mata kita akan melihatnya. Dengan cara yang sama Allah sudah membuat hati kita agar kita dapat merasakan dan melihat kebenaran firman-Nya.

Satu menit …
Minggu, 25 Oktober 2015

19 Karena itu pergilah, jadikanlah semua bangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak dan Roh Kudus,
20 dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah Kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.”
Matius 28:19-20

Allah memberikan Alkitab untuk semua orang. Alkitab bukanlah suatu buku yang hanya diperuntukkan bagi satu negara atau ras manusia. Perjanjian Lama pertama ditulis dalam bahasa Ibrani dan Perjanjian Baru pertama kali ditulis dalam bahasa Yunani dan kemudian diterjemahkan ke berbagai bahasa. Rencana Allah adalah Alkitab diperuntukkan bagi semua orang dan hal ini diperjelas dalam: Karena itu pergilah, jadikanlah semuabangsa murid-Ku dan baptislah mereka dalam nama Bapa dan Anak danRoh Kudus, dan ajarlah mereka melakukan segala sesuatu yang telah kuperintahkan kepadamu. Dan ketahuilah, Aku menyertai kamu senantiasa sampai kepada akhir zaman.

Satu menit …
Senin, 26 Oktober 2015

24 Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran.”
(Yohanes 4:24)

Allah adalah Roh, Yesus berkata: ”Allah itu Roh dan barangsiapa menyembah Dia, harus menyembah-Nya dalam roh dan kebenaran.” Allah bukanlah manusia dengan tubuh daging. Dia adalah roh yang hidup. Dia terbebas dari semua hal yang dibutuhkan oleh tubuh jasmani.

Satu menit …
Selasa, 27 Oktober 2015

16 Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Ia telah mengaruniakan Anak-Nya yang tunggal, supaya setiap orang yang percaya kepada-Nya tidak binasa, melainkan beroleh hidup yang kekal.
(Yohanes 3:16)

Allah adalah Kasih. Allah mengirimkan Anak-Nya yang Tunggal, bagi kita manusia. “Akan tetapi Allah menunjukkan kasih-Nya kepada kita, oleh karena Yesus Kristus telah mati untuk kita, ketika kita masih berdosa.” Kasih Allah adalah sempurna, tidak ada satu orang pun di dalam dunia ini yang mau memberikan nyawanya untuk menggantikan dosa orang lain, selain Yesus.

Satu menit …
Rabu, 28 Oktober 2015

5 Terang itu bercahaya di dalam kegelapan dan kegelapan itu tidak menguasainya.
(Yohanes 1:5)

Allah adalah Terang. “Allah adalah terang dan di dalam Dia tidak ada kegelapan.” Kegelapan adalah suatu gambaran dari ketidakpedulian, kesalahan dan dosa. Terang adalah gambaran dari hikmat dan kemurnian. Allah bijaksana dalam segala hal dan sempurna adanya.

Satu menit …
Kamis, 29 Oktober 2015

12 Tetapi semua orang yang menerima-Nya diberi-Nya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah, yaitu mereka yang percaya dalam nama-Nya;
(Yohanes 1:12)

Allah adalah Allah adalah Bapa untuk semua orang hanya dalam pengertian bahwa Dia adalah pencipta dan pemelihara semua orang. Ketika seseorang masuk ke dalam kelahiran baru bersama Allah, melalui Yesus Kristus, maka Allah menjadi seperti Bapa mereka di surga. “Tetapi semua orang yang menerimanya diberikannya kuasa supaya menjadi anak-anak Allah.”.

Satu menit …
Jumat, 30 Oktober 2015

14 Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita, dan kita telah melihat kemuliaan-Nya, yaitu kemuliaan yang diberikan kepada-Nya sebagai Anak Tunggal Bapa, penuh kasih karunia dan kebenaran.
(Yohanes 1:14)

Yesus, Anak Allah yang Kekal, datang ke dunia dan mengambil rupa seorang manusia. “Firman itu telah menjadi manusia, dan diam di antara kita”. Yesus menyebut diri-Nya sendiri dengan sebutan “Anak Manusia.” Alkitab menampilkan Dia sebagai manusia. Dia hidup seperti manusia sama seperti kita.

Satu menit …
Sabtu, 31 Oktober 2015

18 Kelahiran Yesus Kristus adalah seperti berikut: Pada waktu Maria, ibu-Nya, bertunangan dengan Yusuf, ternyata ia mengandung dari Roh Kudus, sebelum mereka hidup sebagai suami isteri.
(Matius 1:18)

Yesus bersifat ilahi karena kelahiran-Nya adalah bersifat ilahi. Kita mengetahui bahwa Yesus adalah bersifat ilahi karena hidup-Nya. Yesus hidup dalam kehidupan yang sempurna, Dia dapat turut merasakan kelemahan-kelemahan kita sama dengan kita, Ia telah dicobai, tetapi Dia tidak berbuat dosa.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: